Bantentoday - Jumlah pendaftar sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Pemilu 2014 ini menurun, jika dibandingkan pada Pemilu 2009 lalu jumlah calon DPD RI sebanyak 69 calon, namun pada Pemilu 2014 hanya 29 calon saja.

Ke 29 calon itu terdapat nama-nama popular dan sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat Banten, diantaranya seperti A. Sadeli Karim salah satu petinggi PKS, Lucky Kaking atau Lulu Kaking, Andiara Aprilia Hikmat (puteri Gubernur Banten), Irsyad Djuwaeli, Habib Ali Al-Husainy, Yandra Doni, dan dua incumbent DPD RI yakni Abdurachman, dan Ahmad Subadri.

Ketua Pokja Pendaftaran Caleg DPD RI Provinsi Banten Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menerima pendaftaran ke 30 calon anggota DPD RI tersebut. Kemudian selanjutnya, KPU melakukan verifikasi berkas kelengkapan administrasi selama 10 hari, yakni mulai 23 April – 2 Mei.

“Kita akan cek datanya, apakah mereka datanya sesuai atau tidak,” katanya.

Sementara itu, puteri kedua Gubernur Banten Andihara Aprilia Hikmat mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI. Rombongan Andihara ini diiringi sejumlah komponen masyarakat, seperti Karang Taruna, Tagana, dan majelis taklim Yayasan Al-Chosiyah.

Menurut Andihara, mendaftarkan menjadi DPD RI ini dengan menyerahkan 34.800 KTP dukungan. Alasan dirinya maju sebagai anggota DPD RI ini, didasari niat tulus untuk mengabdikan diri kepada masyarakat Banten. Selain itu, untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Banten melalui di DPD RI.

“Saya didukung penuh dan disupport, keluarga dan masyarakat. Saya juga ingin mewakili mewakili keterwakilan generasi muda di DPD RI,” katanya Andihara, didampingi Kakak Kandungnya Andika Hazrumy. Andihara mengaku, dirinya juga ingin mewakili keterwakilan gender di tingkat DPD RI. Karena pada pileg 2009 lalu, keterwakilan anggota DPD RI didominasi kaum laki-laki.

“Mudah-mudahan apabila terpilih nanti, bisa mewakili keterwakilan perempuan di DPD RI,” ujarnya.

Pada bagian lain, A. Sadeli Karim caleg DPD RI lainnya, datang ke KPU Banten dengan iringan topeng wajah Sadeli Karim. Menurut Sadeli,  dirinya mencaftar sebagai caleg DPD menyerahkan sebanyak 3.985 dukungan KTP.

“Saya maju sebagai caleg DPD ri ini atas dukungan para santrinya, dan masyarakat dan kader PKS se- Banten,” katanya.

Sementara itu, salah satu bakal calon DPD RI Marah Simon sempat mengamuk di kantor KPU Banten. Pasalnya, warga asal Ranca Kelapa Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang ini tidak bisa mendaftarkan diri sebagai anggota DPD RI pada pileg 2014 mendatang. Alasannya, karena dirinya datang ke kantor KPU, lewat dari pukul 16.00 WIB, dirinya tiba di KPU Bnaten pukl 16.20 WIB. Sesuai aturan pendaftaran pencalonan ditutup pada pukul 16.00 WIB.

“Saya menyayangkan sikap KPU yang telah menutup pendaftaran. Masa telat beberapa menit saja KPU tidak bisa mentolelir,” katanya.

Ke -30 calon anggota DPD RI yang mendaftar itu adalah Muhsin, HM.Irsyad Djuwaeli, Ahmad Subadri, Rosyid Haerudin, Andriansyah, Abdurrachman, Achmad Rusdi Arief, Hendrik MY, Andiara Aprilia Hikmat, Habib Ali Al- Husainy, Hanif Sobari, TB. Lulu Kaking, Himmatul Aliyah, Gidion Hutagalung, Roni Paslah,

Iyus Priatna, Gondo Raityo, Moh. Jembar, Togu P Tobing, M. Nurdin, A. Sadeli Karim, Iwan Kurniawan, Gousta Feriza, Ahmad Imron, Muktar Imi, Achmad Haris, Hasan Nuryadi, Yandra Doni, dan Badrudin.(dik)



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Kirim Komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas