Bantentoday – KPU Pusat menetapkan lima komisioner anggota KPU Provinsi Banten. Dua dari lima komsioner KPU Banten itu adalah incumbent yakni Agus Supriatna, dan Didih M Sudi. Sisanya, adalah Syaeful Bachri dari KPU Cilegon, Agus Supadmo dari KPU Tangsel, dan Enan Nadia dari KPU Kabupaten Serang.

Kabag Hukum Teknis dan Humas KPU Provinsi Banten Endang Suryadi mengatakan, pengumuman penetapan komisioner KPU Banten ini diluncurkan ke publik oleh KPU pusat melalui website sekitar pukul 24.00 WIB. Kelima komisioner KPU Banten ini berdasarkan nomor urut dan score adalah Agus Supriatna, Syaeful Bachri, Agus Supadmo, Enan Nadia, dan Didih M. Sudi. Sedangkan, sisanya adalah Wahyul Furkon (Akademisi), Adnan (KPU Kabupaten Tangerang), Ghufroni (Akademisi), Hambali (KPU Banten), dan Badrussalam (KPU Kota Tangerang).

“Dari lima besar yang lolos itu, dua diantaranya adalah incumbent, yakni Pak Agus Supriatna dan Didih M. Sudi,” ujar Endang, saat ditemui, Rabu, (22/5).

Dijelaskan Endang, untuk nomor urut enam hingga sepuluh nanti bisa melakukan proses Pergantian Antar Waktu (PAW). Namun, proses PAW ini apabila komisioner KPU Banten mengalami halangan tertentu seperti  meninggal dunia, ataupun mengundurkan diri.

“Jadi kalau ada komisioner KPU yang mengundurkan diri dan meninggal dunia, nomor urut dibawahnya bisa menggantikannya,” ujarnya.

Menurut Endang, proses pelantikan komisioner KPU Banten ini akan dilakukan pada 24 Mei 2013 di Hotel Borobudur Jakarta.

“Mereka akan dilantik oleh KPU pusat,” katanya.

Sementara itu, Agus Supriatna Komisioner anggota KPU Banten terpilih ketika dihubungi mengatakan, setelah mengetahui hasil pengumuman komisioner KPU Banten ini menunggu proses pelantikan. Setelah dilantik, pihaknya akan melanjutkan tugas kegiatan dan tahapan pemilu 2014 yang telah dijalankan oleh KPU Banten periode sebelumnya.

“Kita juga akan berupaya meningkatkan kualitas komisioner KPU Banten yang ada, sesuai arahan dan KPU pusat, berdasarkan peraturan perundang-undangan, integritas, menjaga independen, dan professional,” katanya.

Senada dikatakan anggota komisioner KPU Banten terpilih lainnya Syaeful Bachri. Menurutnya, setelah dilantik nanti, pihaknya ingin menjalankan tahapan-tahapan pemilu yang sudah ada. Selain itu, para komisioner yang terpilih ini akan mengikuti pembekalan penguatan tentang pemilu.

“Apalagi setelah itu ada tugas berat yang harus kami emban, yakni melakukan fit and propertest calon komisioner KPU di tingkat kabupaten/kota yang sudah mendesak,” katanya.(dik)



Komentar Untuk Berita Ini (0)

Kirim Komentar

Nama
Lokasi
Email
URL
Komentar
  captcha contact us
Silakan masukkan kode diatas